Open Cbox
Berpikir Positif dan Berperilaku bermanfaat itulah SUKSES

Kamis, 23 Mei 2013

MAHAMERU 3676 MDPL, MISSION COMPLETE...!!!

aJHIr Saputra | Kamis, 23 Mei 201314.37 | | |

MAHAMERU 3676 MDPL, MISSION COMPLETE...!!!


Hari itu begitu tak aku sangka dan terpikirkan, untuk bisa melangkah dan menginjakkan kaki ku dan melihat indahnya samudera awan dan gunung-gunung sekitar yang berada di kawasan Puncak Mahameru.

Awal bulan February, teman mengirimkan informasi untuk pendakian ke puncak tertinggi pulau jawa, puncak Mahameru dengan ketinggain 3676 Mdpl. Yah langsung aku berpikir sejenak dan merencanakan untuk izin dari kantor dan berangkat menuju Puncak Mahameru.

Perencanaan dan informasi terus aku cari tentang pendakian menuju gunung semeru, apalagi informasi di Blog dan situs resmi telah ada, sangat mudah dan cepat mendapatkan informasi tersebut. Bisa di cek di "Detik.com" dan situs TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). banyak Pula para Blogger bercerita tentang pengalaman dalam pendakian ke Punca Mahameru.

Aku niatkan agar bisa berangkat dan menuju Puncak Mahameru, dengan itu aku mulai mengumpulkan dana transportasi dan perlengkapan ke puncak Mahameru.

Alhamdulillah, segala sesuatu yang telah di niatkan indah dan berjalan seperti apa yg di rencanakan. Pada awa bulanl May telah terkumpulah dana dan mulai melengkapi peralatan untuk pendakian. Berawal dari pembelian tiket pesawat Balikpapan - Surabaya PP. Perlengkapan pendakian dan konsumsi.

Rincian biaya selama pendakian :
Tiket Pesawat LI*N Air : BPN ke SBY pulang pergi dapat harga Promo Rp. 900 ribuan lah. untuk ongkos BUS dari Surabaya ke Malang. Naik Damri dari bandara ke Terminal Bungurasi Rp. 15 ribu, dari bungurasih ke Terminal Arjosari Malang Naik Bus Patas Rp. 22 Ribu. Kemudian dari Terminal Arjosari ke Pasar Tumpang Rp. 5 ribu. Dan dari pasar Tumpang menuju Ranu Pani naik Jeep or Truk, biasanya harus Rombongan dengan pendaki yg lain. Biaya untuk Sewa Jeep itu Rp. 400 Ribu. jadi dalam Jeep itu biasanya di isi 10 orang atau Lebih. Biaya Ransum skitar 350 - 400 rb untuk kami bertiga. Makanan selama 3 hari 2 Malam.

Setibanya di Ranu Pani, Rumah penduduk yang notabenenya adalah perkampungan terakhir untuk pendakian ke gunung Semeru.
Di Ranu Pani para pendaki biasaya menyusun kemballi perbekalan dan tempat berkumpul untuk bersama-sama dalam pendakian menuju Puncak Mahameru.
Jangan kuatir jika kawan-kawan lupa membawa perlengkapan pendakian, karena di Ranu pani ada tempat penyewaan alat-alat pendakian, nama tempat penyewaan itu bernama Warung langit.

Mari kita mulai Rute perjalanan menuju Puncak Mahameru.
Ranu Pani - Ranu Kumbolo, Oro oro Ombo - Cemoro kandang  - Kalimati - Arcopodo - Puncak Mahameru.

Ranu pani menuju Ranu Kumbolo, berjalan sekitar 5 (Lima) jam, medan yang di tempuh sangat normal dan biasa untuk para pendaki gunung, dan untuk para pemula memang harus berhati-hati dan jaga kondisi pernapasan dan sediakan air minum yang cukup.
 Ngecamp dan Ngopi-ngopi semalam di Ranu Pani dengan para pendaki lainnya.

 Bersama Lintar Alam dan Fadillah (Dari Kanan) di tepi Danau Ranu Pani
  Bersiap menuju Ranu Kumbolo


Di Ranu Kumbolo sangat indah dan manakjubkan pemandangan yang indah dan asri, kalo kita lihat kita akan di ingatkan dengan film Teletubies, karna bukit-bukitnya sangatlah mitip dengan film tersebut.




Setelah tiba di ranu kumbolo, kami beristirahat untuk makan siang dahulu. dan sembari mengisi tenagan dan air yang habis selama perjalanan. Air danau tersebut sangatlah jernih dan kuasa Illahi selama meminum air danau tersebut, Alhamdulillah baik-baik saja. 

Makan Siang dulu, setalah berjalan cukup lama, dan mengisi kembali air minum.

Melanjutkan perjalanan dari Ranu Kumbolo menuju Kalimati. namun selama perjalanan menuju kalimatim kita akan melewati oro-oro Ombo atau padang dengan indahnya bunga Lavender yang begitu Luas.
Di tengah-tengan Padang Lavender di Oro-oro Ombo, with Fadillah

Setelah melewati oro-oro Ombo kita melewati Cemoro Kandang dengan ketinggian 2500 Mdpl. Kemudian kita sampai di kalimati.

Ketika sampai di Kalimati, Gunung Semeru sangat jelas terlihat dan tampak indah dengan letusan kecil yang di hasilkan dari kawah Puncak Mahameru. di Kalimati juga tempat vaforit untuk ngecamp para pendaki. sumber air di Kalimati juga ada, hanya saja cukup jauh untuk mengambilnya. tetapi ada penduduk sekitar yang menjual air sungai dalam botol 1,5 L, biasanya di hargai Rp. 10 ribu. Pihak TNBTS hanya menghimbau para pendaki sampai di kalimati, TNBTS hanya menjamin dan mengasuransikan para pendaki sampai Kalimati saja. selebihnya tanggung jawab Para pendaki.

 Suasana para pendaki ngecamp di Kalimati
Pesona keindahan yang di tampilkan gunung Semeru begitu indah dan menantang untuk mencapai puncak Mahameru.

Foto bareng team Sejati, dengan sponsor PT Sejati Maju Bersama.



Setelah dari Kalimati, mari kita mempersiapkan Tenaga dan Perbekalan menuju Arcopodo, karna selama pendakian ke Arcopodo sangat menantang dan terus-terusan tanjakan yang kita hadapi. Dari Kalimati ke Arcopodo sekitar 3 - 4 Jam perjalanan, dan track yang tersulit dan sangat menantang telah berada di depan kita, yaitu track bebatuan dengan pasir. Hanya inilah satu-satu nya jalur meunuju Puncak Mahameru. Waktu yang biasa nya para pendaki memulai untuk menuju puncak mahameru sekitar pukul 12.00 - 01.00 Dini hari, biar dapat menikmati keindahan Sunrise di Puncak tertinggi Pulau jawa.

Track Menuju Puncak Mahameru, dengan Bebatuan dan pasir, sangat hati-hati dan penuh semangat untuk menuju puncak Mahameru.

Saat mendaki sering di jumpai samudera awan yang begitu menakjubkan dan sangat indah.


Sunrise yang menakjubkan dan indah.

Syukur telah tiba di puncak tertinggi pulau jawa, ingin rasanya meneteskan air mata karena terharu bercampur bahagia, karena perjuangan tidak sia-sia, setelah berhari-hari menahan dingin nya cuaca, menahan keletihan, menahan Rasa kantuk yang begitu dahsyat dan rasa ego pada diri sendiri.

Dan akhirnya telah pada suatu yang di impikan dan di niatkan dari bulan february untuk bisa menginjakkan kaki di Puncak tertinggi Pulau jawa, Puncak Mahameru dengan ketinggian 3676 Mdpl.







Tiada kata yang dapat keluar untuk menberikan rasa syukur kepada Allah SWT dengan keindahan yang begitu nyata dan sempurna.
terima kasih pula kepada kawan-kawan Panitia team Sapa (Sahabat Penggiat Alam), dinda Lintar Alam dan bro Fadillah. Bro Fadillah yang juga bersama-sama mendaki puncak gunung bawakareng pada 17 Agustung 2008 silam.

Terima Kasih pula pada manajemen PT Sejati Maju Bersama dengan support dan izinnya yang dapat memberikan semangat menju puncak Mahameru.



tergabung dalam team "penasaran" menuju puncak Mahameru, karna di hari sebelumnya hanya sampai Arcopodo, karena Macet saat pendakian, Macetnya pun sangat banyak pendaki yang ingin menuju puncak Mahameru apda tanggal 10- 11 May 2013.

Kami pun berada pada puncak Mahameru pada tanggal 12 May 2013.

INGAT untuk di Perhatikan.
Ketika Membawa Makanan dan Snack dalam pendakian, Harus mengumpulkan Bekas Makanan tersebut dan Sampah di Bawa kembali Ke kaki gunung Ranu Pani. Lindungi Kelestarian Alam dari Penebang Liar dan Cintai Kebersihan Gunung dari Sampah.

....:: GUNUNG BUKAN TEMPAT SAMPAH ::....


Pesan sang penulis :
Berawal dari Niat, tekad, Restu dan Semangat.....!!!
semua mimpi, angan-angan maupun khayalan, PASTI akan tercapai walaupun dengan cara berbeda dan Proses yang Menantang, dan TERCAPAI.....!!!!






Salam Lestari.

Link Video kami selama pendakian Puncak Mahameru 3676 Mdpl.
01. Video di Kalimati, kaki gunung Semeru. Klik me
02. Video di Kalimati, saat akan berangkat menuju Arcopodo dan Puncak. Klik me 
03. Video saat di Puncak Mahameru 3676 Mdpl. Klik me


Malang, 12 May 2013.

If you found this post helpful. Share, Subscribe or Read Related Articles.

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

4 komentar:

  1. nice note kanda.
    next for Rinjani...

    BalasHapus
  2. Keren nih postingannya, ditunggu petualangan selanjutnya.....

    BalasHapus
  3. This was a fantastic article. Really your blog is very interesting.... it contains great and unique information.. I always express my gratitude to you for allowing me to comment Obat Radang Sendi Karena Asam Urat

    BalasHapus

Followers

Copyright © 2013 Mabes Inspiration. Bloggerized byOzynetwork converted by BloggerTheme9
Blogger template. Proudly Powered by Blogger.
back to top