Open Cbox
Berpikir Positif dan Berperilaku bermanfaat itulah SUKSES

Selasa, 04 Maret 2014

Beras Basah Island

aJHIr Saputra | Selasa, 04 Maret 201401.45 | |

BERAS BASAH ISLAND.

Keindahan bawah laut Beras Basah Island


 Beras basah island (*gambar)


Beras Basah Island, Pulau yang berada di Kota Bontang Kalimantan Timur, pesona bawah laut yang mempesona dan menakjubkan, banyak sekali terumbu karang dan ikan nemo besera jenis ikan hias lainnya yang membuat betah untuk snorkeling di pulau tersebut.

Perjalanan kami berawal dari kota Balikpapan menuju Beras basah island ditempuh skitar 5 jam menggunakan sepeda motor. Awalnya kami berangkat hanya tujuh orang yaitu Hasbi, Ikmal, Danus, H. Maulid, Aswan dan Jerman. Kami start dari Balikpapan menuju Samarinda jarak tempuh sekitar 121 KM. 

Waktu kami berangkat dimulai dari jam 03.00 pm dengan kondisi hujan yang menyertai perjalanan kami, tetapi hujan tidaklah meyurutkan semangat kami untuk menuju tujuan kami, kemudian kami singgah di pertengahan jalan untuk istirahat sembari meluruskan badan dan ngopi di daerah kilometer 54. 

Disana banyak warung yang menyediakan makanan dan minuman untuk para pengendara beristirahat. Ketika kami beristirahat ada teman lama yang kami kenal waktu di Makassar dahulu, yah nama nya Hendri Saputra tetapi lebih di kenal dengan panggilan "Ceper" yah karena bentuk tubuhnya yang mungil dan lucu, entah mengapa sebutan nama itu melekat hingga sekarang. Hendri ceper pun beserta istrinya bergabung bersama kami untuk mengikuti perjalanan ke Beras basah island.

Sesampai di Kota Samarinda kami pun menunggu teman yang mempunyai peralatan Snorkeling, tenda dan Alat Memasak yang nantinya digunakan di Pulau beras basah. Yah teman tersebut aktif di Mapala Universitas Mulawarman yang bernama Yakin adik kandung dari H. Maulid. kami pun bergegas untuk menuju kota Bontang karena waktu semakin Malam dan Sang markopolo (yang punya Kapal) terus menghubungi kami untuk memastikan berlayar ke pulau Beras Basah. Waktu tempuh kota Samarinda ke Bontang skitar 116 KM dengan kondisi jalan raya yang banyak lubang, jadi ketika melakukan perjalanan kami sangat hati-hati dan harus terus berkonsentrasi karena banyaknya lubang yang bertaburan dijalan provinsi tersebut.

ketika sampai di Kota Bontang, kami bergegas ke Pelabuhan untuk berlayar menuju Beras basah Island. sang Marcopolo pun menanti kami, sebelum kami berlayar kami membeli ransum or makanan untuk di Pulau tersebut, karena di pulau tersebut tidak ada Penerangan dan Rumah untuk di sewa menginap. jadi kami harus membawa tenda, alat masak secukupnya.

Berlayar dari pelabuhan Bontang menuju Beras Basah Island di tempuh sekitar 40 Menit mengunakan perahu nelayan. sesampai di pulau kami bersedia untuk membangun tenda dan menyalakan penerangan dengan api unggun. serta menyiapkan makan malam dengan ikan yang akan kami bakar dan makan bersama.

Perjalanan menuju Beras Basah Island dengan Perahu Nelayan Besama Hasbi, Jenk2, H. Maulid besera teman-teman Lainnya yg duduk di depan Kami. Persiapan membuat Api unggun dan Menunggu Ikan bakar untuk di makan bersama.



 Sembari menikmati udara malam di Beras Basah Island. Beristirahat di Pendopo yang ada di sana. Menikmati Suasana Dermaga yang panjang nan indah. Melalukan persiapan Untuk Snorkeling.

Ayo menikmati Alam bawah laut Beras basah Island


 bersama hasbi, Jenk2, Aswan, Hendri dan Danus




 Bersama Ikmal dan Danus


Uniknya di pulau tersebut hanya memiliki dua rumah penduduk yang menjaga pulau itu dan bangunan untuk beribadah atau Mushollah dan Tower Mercusuar. Rumah penduduk yang hanya dua itu menyediakan Toilet untuk para pengunjung. Mereka juga menyedikan makanan ringan dan minuman siap saji, hanya saja yah karena di pulau tersebut semuanya dibayar dengan harga yang lumayan mengeruk kantong. Harga untuk Air bersih 5 liter atau satu Jerigen seharga Rp. 10.000,- jadi ketika kalian mau bilas ataupun buang air besar memputuhkan sekitar 2 atau 3 jerigen. Harus pandai menghemat air karna persediaan air bersih di pulau tersebut sangat terbatas.

Untuk biaya ke Beras Basah Island sangatlah terjangkau dan menyenangkanserta menarik perhatian bagi para pecinta Alam bawah laut.

Ketika snorkeling harus hati-hati dengan Bulu babi yang beracun dan membahayakan diri kita sendiri.

Penulis sedikit Selfies

Pesan penulis.
keindahan Alam bawah air yang begitu menakjubkan harusnya bisa terawat dan menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun asing untuk menikmatinya, hanya saja pengelolaan yang seadanya dan campurtangan pemerintah sangatlah dibutuhkan untuk melestarikan kekayaan alam indonesia khususnya Kota bontang. Serta kebersihan Beras Basah Island harus terus menjadi perhatian pengelola dan di fasilitasi oleh warga setempat dan pemerintah.

Bontang 020314.


keterangan *gambar di ambil di google.com

If you found this post helpful. Share, Subscribe or Read Related Articles.

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Followers

Copyright © 2013 Mabes Inspiration. Bloggerized byOzynetwork converted by BloggerTheme9
Blogger template. Proudly Powered by Blogger.
back to top